rennydund

Just another WordPress.com site

PELAKSANAAN STANDAR ISI DAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN Januari 7, 2011

Filed under: Kakubuteks ADP — rennydund @ 4:37 am

A. PENERAPAN STANDAR ISI DAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Dalam pelaksanaan KTSP, satuan pendidikan dasar dan menengah harus mengembangkan dan menetapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai kebutuhan satuan pendidikan yang bersangkutan. Bahkan Satuan pendidikan dasar dan menengah dapat mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi dari Standar Isi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dalam hal pengembangan dan penetapan kurikulum tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah, satuan pendidikan harus memperhatikan panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah yang disusun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kurikulum satuan pendidikan dasar dan menengah ditetapkan oleh kepala satuan pendidikan dasar dan menengah setelah memperhatikan pertimbangan dari Komite Sekolah atau Komite Madrasah.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan dapat diterapkan oleh satuan pendidikan mulai tahun ajaran 2006/2007 jika satuan pendidikan tersebut telah melaksanakan uji coba kurikulum 2004. Peraturan tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan ini harus sudah diterapkan di setiap satuan pendidikan paling lambat pada tahun ajaran 2009/2010. Satuan pendidikan dasar dan menengah yang belum melaksanakan uji coba kurikulum 2004, dapat melaksanakan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 dan Nomor 23 Tahun 2006 secara bertahap dalam waktu paling lama 3 tahun, dengan tahapan :

1.  Untuk sekolah dasar (SD), madrasah ibtidaiyah (MI), dan sekolah dasar luar biasa (SDLB) :

–       tahun I : kelas 1 dan 4

–       tahun II : kelas 1,2,4, dan 5

–       tahun III : kelas 1,2,3,4,5 dan 6

2.  Untuk sekolah menengah pertama (SMP), madrasah tsanawiyah (MTs), sekolah menengah atas (SMA), madrasah aliyah (MA), sekolah menengah kejuruan (SMK), madrasah aliyah kejuruan (MAK), sekolah menengah pertama luar biasa (SMPLB), dan sekolah menengah atas luar biasa (SMALB) :

–       tahun I : kelas 1

–       tahun II : kelas 1 dan 2

–       tahun III : kelas 1,2, dan 3

BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (BSNP)

Perkembangan dan pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi pada tingkat satuan pendidikan secara nasional dipantau dan dievaluasi oleh BSNP. Berdasarkan hasil evaluasi ini, BSNP dapat mengusulkan revisi Permendiknas Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006.

DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Peranan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan yaitu melakukan sosialisasi Permendiknas Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006, serta panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah yang disusun BSNP terhadap guru, kepala sekolah, pengawas, dan tenaga kependidikan lainnya yang relevan melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan/atau Pusat Pengembangan dan Penataran Guru (PPPG) dan kepada dinas pendidikan provinsi, dinas pendidikan kabupaten/kota, dan dewan pendidikan. Selain itu juga membantu pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam penjaminan mutu satuan pendidikan dasar dan menengah agar dapat memenuhi Permendiknas Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006 melalui LPMP.

BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

Dalam pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006, Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional memiliki beberapa tugas, yaitu:

  1. Mengembangkan model-model kurikulum sebagai masukan bagi BSNP.
  2. Mengembangkan dan mengujicobakan model-model kurikulum inovatif dan kurikulum untuk pendidikan layanan khusus.
  3. Bekerjasama dengan perguruan tinggi dan/atau LPMP melakukan pendampingan satuan pendidikan dasar dan menengah dalam pengembangan kurikulum satuan pendidikan dasar dan menengah.
  4. Memonitor secara nasional penerapan Permendiknas Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006, mengevaluasinya, dan mengusulkan rekomendasi kebijakan kepada BSNP dan/atau Menteri.
  5. Mengembangkan pangkalan data yang rinci tentang pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006.

DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi berkewajiban melakukan Permendiknas Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006 di kalangan lembaga pendidikan tenaga keguruan (LPTK), serta memfasilitasi pengembangan kurikulum dan tenaga dosen LPTK yang mendukung pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006.

DEPARTEMEN LAIN YANG MENYELENGGARAKAN SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

Departemen lain yang menyelenggarakan satuan pendidikan dasar dan menengah juga memiliki peranan, yaitu :

a)      Melakukan sosialisasi Permendiknas Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006 sesuai dengan kewenangannya dan berkoordinasi dengan Departemen Pendidikan Nasional.

b)      Mengusahakan secara nasional sesuai dengan kewenangannya agar sarana, prasarana, dan sumber daya manusia satuan pendidikan yang berada di bawah kewenangannya mendukung pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006.

c)      Melakukan supervisi, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006 sesuai dengan kewenangannya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s